Penggunaan video game sebagai sarana mendidik anak


Ternyata game tidak hanya untuk hiburan  saja, namun video game kini menjadi salah satu cara mendidik anak. Ya, permainan yang dimainkan anak-anak juga bisa menjadi pelajaran bagi anak-anak. Di era teknologi modern, permainan untuk anak-anak tidak lagi seperti dulu. Dulu, masih banyak orang yang bermain kelereng, lompat tali, petak umpet, gobak sodor, dan lain-lain. Namun, game untuk anak-anak kini tersedia dalam bentuk game COC, Mobile Legends, Lords Mobile, dan lainnya. Sebagai orang tua, Anda perlu berhati-hati dalam memilih permainan untuk anak Anda. Jika tidak, akan berdampak mematikan yang dapat mempengaruhi perkembangan anak. Sekarang sudah ada video game untuk bahan belajar anak.

Video game sebagai sarana mendidik anak

Video game edukasi disebut  game edukasi. Game edukasi adalah perangkat game yang  dibuat untuk konteks pendidikan atau game yang diarahkan pada hal-hal yang mendidik.  Video game edukatif digunakan untuk memberikan pelajaran pendidikan kepada anak-anak melalui permainan. Agar proses pembelajaran lebih menyenangkan dan  lebih mudah dipahami. Manfaat video game pendidikan untuk anak-anak

Saat bermain game slot, otak akan memikirkan berbagai  cara untuk menyelesaikan game atau masalah dalam game, bermain game tidak hanya mempengaruhi otak, bahkan otak kecil pun bisa memiliki fungsi yang tidak diinginkan. Berikut beberapa  manfaat dan efek bermain video game edukasi:

1. Perkembangan saraf

Ketika anak-anak bermain video game berulang-ulang, terjadi perubahan neurologis di otak.

2. Perkembangan Kognitif

Dengan bermain video game edukatif, anak akan mampu mengatasi masalah seiring berjalannya waktu.

3. Pengembangan mesin

Ketika anak-anak bermain dengan cepat, sistem motorik mereka berkembang.

4. Pembangunan sosial

Anak akan dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Tidak benar-benar hanya multipemain.

5. Perkembangan bahasa

Dengan bermain game, anak akan mengerti bahasa asing dan bahasa daerah. Karena ada bahasa asing di video game, mereka harus memahami bahasa asing.  Oleh karena itu, peran orang tua harus memberikan  yang terbaik bagi anak-anaknya. Dengan menggunakan video game sebagai sarana mendidik anak,  anak dapat belajar sambil bermain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *